Jumat, 14 Mei 2010

5 Tips Penting Untuk Memaksimalkan Blog Anda


Saat ini informasi semakin banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Kita sebagai orang yang memiliki akal dan fikiran harus mampu berkembang tidak hanya bisa mencari dan menerima informasi saja tetapi juga harus mampu membuat dan memberikan informasi kepada orang lain.
Pemanfaatan blog sebagai salah satu cara untuk menjadikannya media informasi publik di  internet sangat signifikan sebagai ajang kita untuk menjadi seorang informan. Dengan mengelola blog, maka kita akan tertarik dan termotifasi untuk menciptakan suatu informasi, menggali informasi dari sumber manapun dan mempublikasikannya sehingga wawasan kita bertambah serta kita juga bisa menambah wawasan orang lain.
Tapi dalam mengelola blog kita juga harus pandai supaya blog kita menarik dan dibaca banyak orang. Di sini akan saya berikan 5 tips penting untuk mengelola blog supaya blog kita bagus dan menarik. Saran sebelum membaca, kelola Blog anda dan baca artikel ini secara FOKUS.



Kelola Hanya Satu Blog

Di dalam situs blog seperti blogger.com atau wordpress.com banyak sekali blog bermunculan. Nah, blog kita ada di antara berjuta-juta blog tersebut, tetapi kebanyakan dari blog itu kurang menarik karena asal membuat atau mungkin dimiliki oleh satu orang saja. Dengan mengelola satu blog anda akan lebih fokus dalam mengembangkannya. Gunakan label blog untuk membedakan artikel anda ketimbang membuat banyak blog untuk satu tema.

Gunakan Situs Jejaring Sosial

Memanfaatkan situs jejaring sosial bisa menjadi alternatif mutakhir dalam mempublikasikan blog anda. Situs-situs seperti Friendster, Facebook, Twitter, memungkinkan anda mengenal banyak orang dan bisa mengajak mereka untuk mengunjungi blog anda. Dengan demikian, blog kita akan dikenal dan dibaca oleh mereka.

Memberikan Komentar Di Blog yang Lain

Tips unik di sini mungkin terdengar tidak begitu efektif padahal sebenarnya hasilnya akan sangat signifikan. Biasanya ketika seseorang mempostkan suatu artikel atau bacaan maka mereka akan sangat berharap post tersebut dikomentari. Nah, bila kita memberikan komentar kepada Blog lain, bisa jadi pengguna blog tersebut akan melihat account Blog kita dan  membukanya. Ini akan membuat jaringan anda semaikn luas dan Blog anda akan semakin berkembang.

Memiliki Keinginan Kuat Untuk Memberikan Informasi atau BerBloging

Maksudnya, seperti saya katakan di atas tadi, kita adalah orang yang memiliki akal dan fikiran sudah tentu membutuhkan pengetahuan dan informasi tidak hanya sekedar menerima tapi juga harus mampu membuat informasi. Dengan keinginan tersebut, kita akan memiliki hasrat untuk mengembangkan pengetahuan dan Blog kita, sehingga harapannya informasi yang kita berikan akan berkualitas dan menarik.

Mempostkan Konten atau Artikel Original

Nah, ini lebih penting lagi, kita jangan hanya asal mempostkan blog, tetapi kita juga harus cermat dan teliti terhadap kebutuhan masyarakat. Informasi apa yang paling menarik untuk di baca, serta mencari sumber itu pun jangan hanya copy paste saja tetapi kita harus mengolahnya terlebih dahulu sehingga akan menjadikan kita semakin terlatih dalam mengolah bahasa dan informasi menjadi informasi baru yang mungkin lebih menarik atau mungkin memang sangat original asli buah pemikiran kita.

Nah, sekarang, selamat mecari informasi, mengembangkannya dan membuat informasi sebanyak banyaknya. SELAMAT MEMBUAT BLOG DAN MENGEMBANGKANNYA….!!!

9 komentar:

  1. tipsnya bagus mas,,
    untuk saya yg msh newbie, :D..

    BalasHapus
  2. Terima kasih diL, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya ya, :)

    BalasHapus
  3. saya, akan mencoba berusaha, melakukan yang terbaik!!! happy blogging

    BalasHapus
  4. Mba Jisya Cantik, Yap, trimakasih atas kunjungannya, :)
    Semoga bermanfaat, silahkan buka artikel lainnya, :)

    BalasHapus
  5. Say Syukur.... Thanks u/ tipsnya.... karna sya masih new-bie... mau jadi mentor Sya...???

    BalasHapus
  6. Untuk Bantal Santai dan Do2, terimakasih atas kunjungannya.
    Mas Do2, wah saya juga masih baru, Saya juga masih belajar, :)

    BalasHapus
  7. thanks 4 tips nya ...

    aq masih newbie jga ...

    ahaha :D


    Mohon bimbingan nya la agar ramai i kunjungi blog ku..

    hehe .. :)

    http://binsarlingga.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Terima kasih mas lingga atas kunjungannya, Insya Allah saya kunjungi balik blognya, semoga bermanfaat, :)

    BalasHapus

Silahkan komentar disini, diharapkan tidak memakai anonymous supaya lebih mengakrabkan (pilihlah profil Nama/URL dengan menggunakan nama samaran atau nama panggilan anda bila tidak memiliki akun).