Kamis, 20 Oktober 2011

Learn To Fly (Jangan Menyerah)

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Ikhwafillah rahimakumullah, tiada kewajiban yg paling utama dari seorang manusia selain bersyukur kepada Zat Yang Maha Hidup. Zat yg telah memberi kita kehidupan, rizki dan hidayah (khususnya nikmat Iman dan Islam). Semoga kita termasuk ke dalam hamba-Nya yg sentiasa pandai bersyukur, Insya Allah dengan syukur kita kepada-Nya, maka Allah akan menambah nikmat kepada kita sebagaimana firman-Nya,

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka pasti azab-Ku sangat berat” (Q.S. Ibrahim: 7)

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada Rasul kita Muhammad SAW yg dengan gigihnya berjuang menegakan dan menyebarkan Islam hingga kita merasakan kehidupan yg terlepas dari kegelapan menuju dunia yg terang benderang.

Saudaraku, membaca judul diatas mungkin ada sedikit pertanyaan, :D
Tentu saja, "Learn To Fly" bukanlah B. Inggris dari "Jangan menyerah". Tapi disini ane akan sedikit bahas mengenai sebuah lirik lagu. Memang bukan lagu nasyid, atau bukan lagunya Maher Zain yg belakangan lagi jadi bahan sorotan publik yg katanya MZ adalah ikon penyanyi religi modern. Lirik lagu ini ane ambil dari sebuah group Boyz Band yg terkenal pada jaman tahun 2000an, (mungkin sejaman dengan Westlife). Group tersebut adalah A1. Yg menarik dari A1 adalah lagu-lagunya tidak hanya bertema tentang percintaan saja, namun ada beberapa lagunya yang mengangkat tema mengenai kehidupan. Salah satunya adalah lagu berjudul "Learn To Fly" ini.




Kurang lebih liriknya seperti ini,

"Learn To Fly"

When you feel the dream is over
Feel the world is on your shoulders
And you lost the strength to carry on
Even though the walls may crumble
And you find you always stumble through
Remember never to surrender to the dark
Cuz if you turn another page
You will see that’s not the way
The story has to end

And if you need to find a way back
Feel you’re on the wrong track
Give it time, you’ll learn to fly
Tomorrow is a new day
And you will find your own way
You’ll be stronger with each day that you cry
Then you’ll learn to fly

In your head, so many questions
The truth is your possession
The answer lies within your heart (within your heart)
You will see the doors are open
If you only dare to hope
And you will find a way to fight
The fears that kept you down
Cuz if you turn another page
You will see that’s not the way
The story has to end

And if you need to find a way back
Feel you’re on the wrong track
Give it time, you’ll learn to fly
Tomorrow is a new day
And you will find your own way
You’ll be stronger with each day that you cry
Then you’ll learn to fly

Looking at your situation
There’s so much that you can do
Now’s the time to make your stand
This is just an observation
In the end it’s up to you
The future’s in your hands

And if you need to find a way back
Feel you’re on the wrong track
Give it time, you’ll learn to fly
Tomorrow is a new day
And you will find your own way
You’ll be stronger with each day that you cry
Then you’ll learn to fly

Give it time
Then you’ll learn to fly

Kata2 yg mungkin kurang dimengerti
Carry on = Bertahan
Crumble = remuk/ hancur
Stumble through = tidak dapat melewati

Saya tidak akan mengartikan liriknya satu persatu, tapi akan menjelaskan secara umum lirik tersebut.

Pertama, alasan saya mengangkat lirik ini menjadi sebuah bahasan dalam tulisan kali ini adalah karena permasalahan pribadi dan juga permasalahan beberapa teman yg mungkin juga dialami oleh rekan2 semua.
Saudaraku, kehidupan kita di dunia ini seringkali menjadi sebuah skenario cerita yg begitu kompleks dan rumit untuk dijelaskan. Tidak ada kejadian yg persis sama tapi mungkin serupa, dan pengalaman akan berbeda dialami oleh setiap insan yg bernyawa di dunia ini.

Saudaraku yg dirahmati Allah, dengan banyaknya lika liku kehidupan, banyak pula masalah seiring dengan bertambahnya waktu yg kita lalui semasa hidup. Permasalahan2 itu berbagai macam bentuknya. Dan setiap orang memiliki kadar atau daya untuk menhadapi masalah mereka masing2. Semakin banyak masalah, bagi orang yg memiliki keinginan kuat untuk bertahan adalah sebuah pelajaran yg sangat berharga hingga mereka semakin tangguh dalam menghadapi masalah, akan tetapi, bagi sebagian orang, semakin banyak masalah hanya akan membuat mereka semakin putus asa. Sebagai seorang Muslim tentu saja kita tidak boleh berputus asa. Segala pengarapan ditujukan kepada Allah yg akan meringankan beban2 kita, tentu saja dengan ikhtiar yg gigih disertai do'a kepada-Nya.

Pada lirik2 lagu "Learn To Fly" diatas, diperlihatkan bahwa disana menggambarkan kondisi kehidupan yg sulit, ketika kita memiliki impian namun impian itu tidak (atau) belum kita raih. Merasa bahwa dunia ini ada di pundak kita. Keluarga, saudara2, menjadi tanggungan kita, dimana kita menjadi tolak punggung dan harus menghidupi mereka, bahkan hingga diri kita sendiri tidak terurus. Kondisi yg sedemikian membuat kita lemah dan tak sanggup lagi bertahan, semua terasa penat dan tak punya sandaran untuk melepas segala peluh. Disaat seperti itulah hidup kita terasa kelam, bahkan mungkin akan semakin tenggelam dan tak punya solusi untuk mencari jalan keluar. Kepenatan2 itu muncul karena berbagai permasalahan yg kita miliki hingga kita buta dan tak mampu berfikir jernih dalam mencari jalan keluar. Namun, ingatlah saudaraku, jangan pernah menyerah pada kegelapan hati kita, kepenatan kita. Karena bila kita melihat lembaran kehidupan yg lain, kau akan melihat bahwa menyerah bukanlah jalan hidup kita, menyerah bukanlah pilihan. Dan tentu saja cerita hidup kita tidak berakhir sampai disini.

"Learn To Fly" tentu saja tidak bisa diartikan secara kasar sebagai "Belajar Terbang". Akan tetapi lebih penekanan secara makna dimana ia berarti "melapangkan hati", meyakinkan diri bahwa ia mampu menghadapi segala permasalahan yg dia miliki. Ia percaya bahwa hari esok adalah hari baru yg akan memberikannya semangat, ia selalu optimis dan yakin bahwa ada Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Penyayang, yg memberinya pertolongan. Yakin bahwa ada jalan untuk menjawab semua tantangan hidup ini.

Mungkin begitu banyak pertanyaan dalam kepala kita, mengapa cobaan seperti ini, mengapa kita diberi ujian seperti ini, dst. Sesungguhnya jawabannya ada pada diri kita sendiri. Dan ketika kita mengembalikan semuanya kepada Allah, Dia akan membukakan jalan-Nya. Tentu saja semua itu tidak akan terjadi jika kita hanya terdiam dan takut berharap akan pertolongan Allah.

Kalimat yg paling saya suka dari lirik ini adalah "In the end it's up to you, the future's in your hands". Ya, pada akhirnya semua kembali kepada diri kita sendiri, apakah kita akan menyerah ataukah terus berikhtiar memperbaiki lembaran kehidupan kita yg kelam, menghadapi segala masalah, membuka lembaran baru kehidupan kita. Menatap masa depan karena masa depan ada di tangan kita.

Ada sebuah pepatah dalam B. Inggris "Yesterday is history, Tommorow is mystery, and Today is a gift. That's why today called 'The Present'."

Firman Allah SWT,
Sesungguhnya yg berputus asa dari pertolongan Allah hanyalah orang2 kafir. (Q.S. Yusuf: 87)

2 komentar:

Silahkan komentar disini, diharapkan tidak memakai anonymous supaya lebih mengakrabkan (pilihlah profil Nama/URL dengan menggunakan nama samaran atau nama panggilan anda bila tidak memiliki akun).